| ]

Untuk masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memang terkenal banyak jalur yang bisa ditempuh calon mahasiwanya sehingga yang benar-benar mengharapkan kuliah di PTN favorit tersebut banyak alternatif seleksi. Memang Universitas Gadjah Mada membuka lebih kurang 5 (lima) jenis jalur seleksi. Jenis-jenis seleksi tersebut mengalami perkembangan semenjak UM UGM dicanangkan sekitar 5 tahun yang lalu.

Sedangkan perguruan tinggi negeri (PTN) umumnya hanya menerapkan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Seperti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Berikut kami sampaikan kelima jalur seleksi tersebut, dimana untuk Tahun Akademik 2015/2016 tampaknya bakal dipertahankan :


Jenis Jalur Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (UGM)


  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

    SNMPTN berupa pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik (rekam jejak) dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK yang relevan dengan program studi yang dipilih. Biaya seleksi ditanggung pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.

    Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya adalah SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS, mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Ujian Nasional (NUN) serta mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN.
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

    SBMPTN merupakan pola penerimaan berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional.
  3. Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA)

    Seleksi Penelusuran Bibit Unggul UGM adalah seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola seleksi berdasarkan pada prestasi di bidang akademik dan non akademik. Pola ini bertujuan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2014 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana. Adapun Seleksi Penelusuran Bibit Unggul yang diselenggarakan oleh UGM adalah sebagai berikut:


    Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

    Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) merupakan bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 8 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.


    Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK - Sarjana))

    Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya naskah perjanjian kerjasama dengan mitra yang masih berlaku.


    Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB - Sarjana)

    Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.


    Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS - Sarjana)

    Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional. Bidang olahraga dan seni yang dimaksud adalah sebagai berikut:

    Informasi lebih lanjut mengenai PBOS dapat menghubungi:
    Direktorat Kemahasiswaan UGM (+62 274 6491908/6491912) atau UKM terkait.
  4. Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL)

    Seleksi Ujian Tulis UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2013, 2014 dan 2015 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi).
  5. Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)

    Seleksi Program Internasional adalah pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM.



Jadwal Seleksi Program Sarjana TA 2015/2016

Jalur Pembayaran Biaya Pendaftaran Pendaftaran Online Pengumuman Lolos Berkas Cetak Kartu Tes Tes Tertulis *) Lokasi Pengumuman
PBUTM - SARJANA Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Minggu keempat bulan Mei Sekitar Minggu kelima bulan Mei Sekitar Awal Juni UGM Yogyakarta Sekitar Minggu kedua bulan Juni
PBUK - SARJANA Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Minggu keempat bulan Mei Sekitar Minggu kelima bulan Mei Sekitar Awal Juni UGM Yogyakarta Sekitar Minggu kedua bulan Juni
PBUB - SARJANA Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Minggu keempat bulan Mei Sekitar Minggu kelima bulan Mei Sekitar Awal Juni UGM Yogyakarta Sekitar Minggu kedua bulan Juni
PBOS - SARJANA Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Awal April - Medio Mei Sekitar Minggu keempat bulan Mei Sekitar Minggu kelima bulan Mei Sekitar Awal Juni UGM Yogyakarta Sekitar Minggu kedua bulan Juni
UTUL Sekitar Minggu kedua bulan April s.d. Minggu ketiga bulan Juni Sekitar Minggu kedua bulan April s.d. Minggu ketiga bulan Juni - Sekitar Minggu ketiga bulan Juni Sekitar Minggu keempat bulan Juni Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, Balikpapan Sekitar Minggu ketiga bulan Juli

Leaflet UM UGM Tahun 2015 bisa anda unduh pada panduan di bawah ini:

Leaflet UM UGM Tahun 2015:


  1. Leaflet UM UGM Tahun 2015 - 1 | Silakan unduh disini
  2. Leaflet UM UGM Tahun 2015 - 2 | Silakan unduh disini
  3. Leaflet UM UGM Tahun 2015 - 3 | Silakan unduh disini
  4. Leaflet UM UGM Tahun 2015 - 4 | Silakan unduh disini
  5. Leaflet UM UGM Tahun 2015 - 5 | Silakan unduh disini
  6. Leaflet UM UGM Tahun 2015 - 6 | Silakan unduh disini



Terkait uang pangkal pada mahasiswa baru, semenjak tahun akademik 2013/2014 ditiadakan. Hal ini sesuai dengan aturan pemerintah. Dengan demikian, mahasiswa baru UGM hanya akan menanggung biaya kuliah per semester saja.

Menurut Kepala Humas UGM, Wiwit Wijayanti, bahwa kebijakan yang muncul pada tahun ini memang diperuntukkan bagi semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk itu, pihaknya mengikuti apa yang telah digariskan oleh Pemerintah tersebut dengan menghapuskan uang pangkal.

Semoga informasi UM UGM Tahun Akademik 2015 yang kami berikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- ugm.ac.id
- um.ujiantulis.com


Copyright © 2014 ujiantulis.com all rights reserved